Moringa Farm

Temukan hijau yang bermanfaat untuk tubuh dan bersahabat dengan lingkungan

Efek jangka panjang bahan-bahan kimia yang dipergunakan pada pertanian dan perkebunan bukan hanya pemadatan dan penurunan kesuburan tanah, tetapi juga kontaminasi perairan dan pencemaran lingkungan. Belum lagi dampak kesehatan pada manusia yang mengkonsumsi, terutama anak-anak yang daya tahannya lebih rendah.

Karenanya kami membentuk perkebunan organik untuk moringa, tanpa pestisida dan pupuk sintetik. Aman dikonsumsi dan ramah lingkungan. Dikelola secara profesional dan sepenuhnya memperhatikan kaidah-kaidah budi daya organik. Sejak dari pembentukan tanah kebun, penanaman, pemeliharaan dan pemanenan. Antara lain kami melakukan penanaman kacang tanah selama beberapa tahun untuk membersihkan tanah dari kandungan zat-zat yang tidak sesuai. Upaya berkesinambungan ini membawa perkebunan kami diakui secara international dan menerima sertifikasi CERES.

Secara alamiah tanaman moringa mampu menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dirinya. Menggugurkan daun untuk memenuhi kebutuhan nutrisi (pupuk). Diluar itu batang-batang hasil penebangan pohon yang sudah tumbuh tinggi , daun-daun yang tidak lolos sortiran dan ranting-ranting kami kembalikan ke kebun sebagai pupuk alami. Metode lainnya adalah pupuk cair yang dibuat dari pucuk daun moringa dan diberikan pada tanaman melalui stomata pada pagi hari.

Sistem pertanian organik moringa yang kami terapkan mampu mengelola tanah dengan baik, dengan kemampuan menahan air yang lebih tinggi sehingga mampu bertahan pada musim kering seperti yang terjadi di area Blora. Ataupun pada wilayah yang memang kering seperti Nusa Tenggara Timur.

Dalam hal pemanenan, kami menerapkan Standard Operation Procedure (SOP) untuk menjamin standard dan keseragaman kualitas serbuk daun yang diproduksi. Disamping itu telah ditetapkan pula Standard Ruang dan Peralatan, kegiatan rutin sanitasi lingkungan dan kriteria panen untuk
mendapatkan daun segar dalam kondisi optimal.

Proses produksi mulai dari pengeringan hingga pengolahan akhir menerapkan tehnologi tepat yang mampu menjaga kandungan zat aktif didalamnya. Pengemasan yang higienis dan berstandard international.

Back to Top